Wednesday, November 23, 2011

LAMPU LISTRIK

Oleh :Muhammad Muhibbuddin*
Lampu pijar adalah sumber cahaya buatan yang dihasilkan melalui penyaluran arus listrik melalui filamen yang kemudian memanas dan menghasilkan cahaya. Kaca yang menyelubungi filamen panas tersebut menghalangi udara untuk berhubungan dengannya sehingga filamen tidak akan langsung rusak akibat teroksidasi.  Lampu pijar dipasarkan dalam berbagai macam bentuk dan tersedia untuk tegangan (voltase) kerja yang bervariasi dari mulai 1,25 volt hingga 300 volt. Energi listrik yang diperlukan lampu pijar untuk menghasilkan cahaya yang terang lebih besar dibandingkan dengan sumber cahaya buatan lainnya seperti lampu pendar dan dioda cahaya, maka secara bertahap pada beberapa negara peredaran lampu pijar mulai dibatasi.  
Di samping memanfaatkan cahaya yang dihasilkan, beberapa penggunaan lampu pijar lebih memanfaatkan panas yang dihasilkan, contohnya adalah pemanas kandang ayam, dan pemanas inframerah dalam proses pemanasan di bidang industri. Penemu lampu pijar listrik adalah ilmuwan terkenal asal Amerika Serikat, Thomas Alva Edison. Edison dilahirkan di AS ada tanggal 11 Februari 1847. Penemuan Edison di bidang sains dan teknologi sebenarnya sangat banyak. Bukan hanya lampu ijar saja melainkan teknologi-teknologi lainnya seperti yang populer adalah penyemurnaan telepon, fonograf, bola lampu, kineteskop dan sebagainya. Sepanjang hidupnya, lebih Edison berhasil menemukan lebih dari 1000 penemuan.
Sebenarnya, Edison bukan orang pertama yang menciptakan sistem penerangan listrik. Beberapa tahun sebelumnya lampu bersinarkan arus listrik telah digunakan buat penerangan lampu jalan di Paris, Prancis. Tetapi, bola pijar Edison berikut sistem pembagian tenaga listrik yang dikembangkannya memungkinkan adanya penerangan listrik yang praktis untuk di rumah dan gedung-gedung. Tahun 1882, perusahaannya mulai memproduksi listrik untuk rumah-rumah dan gedung-gedung perkantoran di New York, dan dalam tempo singkat sudah tersebar ke seluruh dunia. Lamu listrik kita sekarang adalah juga berkat hasil prestasi Edison.
Dengan berdirinya perusahaan listrik pertama untuk penerangan rumah-rumah, Edison berarti sudah meletakkan dasar bagi perkembangan industri besar. Penggunaan tenaga listrik bukan cuma buat penerangan tetapi untuk seluruh aspek kebutuhan rumah tangga, mulai dari televisi hingga mesin cuci. Lebih jauh lagi, kegunaan tenaga listrik lewat distribusi jaringan-jaringan yang didirikan Edison dengan sendirinya mendorong penggunaan listrik untuk sektor industri. Hasil temuan dan pengembangan Edison yang fenomenal itulah, membuat kita mudah membuat penerangan di sekeliling kita.





















 


*Muhammad Muhibbuddin adalah anggota diskusi filsafat ZAT Community Yogyakarta.




No comments:

Post a Comment